Tutorial membuat quiz di facebook

Posted on Rabu, 20 Mei 2009 by yadi

Tutorial membuat quiz di facebook

Salah satu kehebatan facebook dibanding dengan situs social community lainnya adalah banyaknya aplikasi di facebook. Salah satu yang paling banyak populer adalah quiz di facebook, hampir setiap hari kita bisa menemukan ada saja quiz baru bermunculan. Mulai dari quiz kepribadian, quiz jodoh, quiz the best friend, dan masih banyak lagi quiz lainnya.

Pertanyaannya juga beragam mulai dari yang serius, semi serius (emang ada ya… macam film ***** aja), sampai dengan pertanyaan yang sepele. Sejak pertama buat akun facebok saya sudah banyak mendapat undangan untuk mengikuti quiz, bahkan terlalu banyak mungkin.

Sebenarnya anda juga bisa membuat sendiri quiz, masa ngikuti quiz terus. Ya nggak? Cara membuat quiz di facebook gampang, coba deh ikuti langkah2 berikut ini:

Btw, sebelum melanjutkan ada baiknya anda siapkan dulu nama quiznya, pertanyaannya dan tentu saja pilihan jawaban dari quiz tersebut. Lanjut…

  • Seperti biasanya anda harus login ke akun facebok
  • Klik link berikut http://apps.facebook.com/quizapps/getting_started
  • Anda akan diminta konfirmasi, klik saja Izinkan. Akan muncul tampilan baru Create Your Own Quiz App! seperti berikut:
    Cara membuat quiz di facebook

    Cara membuat quiz di facebook

  • Jika sudah selesai melakukan pengaturan klik tombol Next, selanjutnya anda akan mengisi pertanyan serta jawaban dari masing-masing pertanyaan. Untuk gambar ukurannya harus lebih kecil dari 512 KB.
  • Selanjutnya install developer Apps, caranya klik pada Setup New Aplication. Kemudian Create Aplication dengan mengisikan nama Quiz. Lanjutkan sampai anda mendapat “API key” dan “Aplication Secret”. API Key ini akan anda perlukan nanti, copy ke notepad atau tulis di sebuah kertas. Lanjutkan proses sampai dan pada saat diminta memasukkan kode API key, paste/tulis kode tersebut.
  • Lanjutkan sampai proses membuat quiz selesai.

Sebelum membuat quiz, sebaiknya pikirkan dulu quiz itu seperti apa bentuknya. Usahakan untuk membuat quiz yang tidak sekedar menghabiskan waktu orang lain, melainkan memberi sesuatu yang berarti buat mereka.

Maaf ya, saya tidak melanjutkan tutorial ini sampai habis. Anda bisa mencobanya sendiri dan berekspresi sesuai kemauan anda. Cara ini bukan satu-satunya, ada banyak aplikasi di facebook yang bisa kita pakai untuk membuat quiz di facebook.

Klu anda punya cara lain membuat quiz di facebook, silahkan share disini ya :).

0 Responses to "Tutorial membuat quiz di facebook":